Selasa, 12 November 2013

PERBANDINGAN PROSES PENCIPTAAN LANGIT DAN BUMI ANTARA MENURUT AL QUR’AN DENGAN BIBEL

A. Menurut Al Qur’an

            Allah swt menciptakanalam semesta ini selama enam masa. Per satu masa menurut perhitungan manusiaadalah seribu tahun. Q.S. As Sajadah ayat 4-5 : 
4. Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang adadi antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy. Tidakada bagi kamu selain dari padanya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorangpemberi syafa'at. Maka Apakah kamu tidak memperhatikan?
5. Dia mengatururusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepadanya dalam satuhari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.

            Dua masa pertama, Allah swtmenciptakan alam semesta ini masih berupa asap dijelaskan pada Q.S. Fushshilatayat 11 : 
Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itumasih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi:"Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atauterpaksa". keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati".

            Di akhir masa keduamemasuki masa ketiga, Allah swt menjadikan tujuh lapis langit dan menghiasimasing-masing langit dengan bintang-bintang selama dua masa. Q.S. Fushshilatayat 12 :  
Maka Diamenjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langiturusannya. dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yangcemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuanyang Maha Perkasa lagi Maha mengetahui.

                Setelah selesai menciptakan langit, Allahswt kemudian memancarkan sinar matahari dan bulan. Q.S. Yunus ayat 5 : 
Dia-lah yangmenjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nyamanzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamumengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yangdemikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya)kepada orang-orang yang mengetahui.

            Pada empat masakemudian (penyempurnaan masa ketiga, masa keempat, masa kelima, dan masakeenam), Allah swt menjadikan gunung-gunung di bumi ini. Q.S. Fushshilat ayat10 :
Dan Diamenciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinyadan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empatmasa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.
Pada masa ini,Allah swt selain menciptakan gunung-gunung, juga sudah mengedarkan udaramenjadi angin kemudian berubah menjadi mendung dan akhirnya menjadi hujan. Q.S. Faathirayat 9 : 
Dan Allah, Dialahyang mengirimkan angin; lalu angin itu menggerakkan awan, Maka Kami halau awanitu kesuatu negeri yang mati lalu Kami hidupkan bumi setelah matinya denganhujan itu. Demikianlah kebangkitan itu.

            Selanjutnya, Allah swtmenumbuhkan aneka tumbuhan, dan kemudian menciptakan berbagai macam hewan. Q.S.An Nur ayat 45 :  
Dan Allah telahmenciptakan semua jenis hewan dari air, Maka sebagian dari hewan itu ada yangberjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian(yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya,Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

            Memasuki masa keenamdibagi menjadi tiga. Sepertiga pertama, Allah swt menciptakan malaikat dan jin.Sepertiga kedua, Allah swt menciptakan menciptakan manusia pertama, yakni NabiAdam as. Sepertiga terakhir, Allah swt mengajarkan ilmu kepada Nabi Adam a.s.
- Sepertiga pertama, Allah swtmenciptakan malaikat dan jin.  
  a. Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari apiyang sangat panas. (Q.S. Al Hijir : 27).
اَلْمَلاَ ئِكَةُ خَلَقَتْ مِنْ نُوْرٍ(لحديث(
  b. Malaikat oleh Allah diciptakan dari cahaya (Al Hadits)

- Sepertiga kedua, Allah swtmenciptakan Nabi Adam a.s.
Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah,adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudianAllah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), Maka jadilahDia (Q.S. Ali Imran : 59).

- Sepertiga terkahir dari masakeenam, Allah swt mengajarkan ilmu kepada Adam a.s.  
Dan Diamengajarkan kepada Adam Nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudianmengemukakannya kepada Para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlahkepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yangbenar!" (Q.S. Al Baqarah : 31)

            Allah swt menciptakanalam semesta dan bumi selama enam masa. Satu masa menurut perhitungan manusiaselama seribut tahun. Berarti enam masa sama dengan enam ribu tahun.
1. Dua masa pertama, Allah swt masih menciptakan asap (Q.S. Fushshilat ayat11)
2. Memasuki akhir masa kedua memasuki masa ketiga, Allah swt menciptakantujuh lapis langit dan bintang-bintang (Q.S. Fushshilat ayat 12)
3. Penyempurnaan masa ketiga, masa keempat, masa kelima, dan keenam, Allahswt memancarkan sinar matahari dan bulan (Q.S. Yunus ayat 5). Kemudian Allah swtmenumbuhkan aneka tumbuhan, dan kemudian menciptakan berbagai macam hewan.(Q.S. An Nur ayat 45)
4. Memasuki masa keenam, Allah swt membagi menjadi tiga : 1. Sepertigapertama Allah swt menciptakan malaikat dan jin; 2. Sepertiga kedua, Allahmenciptakan Nabi Adam a.s.; 3. Sepertiga ketiga, Allah memberi Nabi Adam a.silmu.

B. Menurut Bibel

            a. RiwayatPenciptaan Alam Semesta (Kejadian 1 : 1-25)
1. Padamulanya, waktu Allah mulai menciptakan alam semesta,

2. Bumibelum berbentuk, dan masih kacau-balau. Samudrayang bergelora, yang menutupi segala sesuatu, diliputi oleh gelap gulita,tetapi kuasa Allah bergerak di atas permukaan air.

3. Allahberkata, “Jadilah terang!” Lalu ada terang.

4. Allahsenang melihat hal itu. Lalu dipisahkan-Nya terang itu dari gelap.

5. dandinamakan-Nya terang itu “Siang” dan gelap itu “Malam”. Malam lewat, danjadilah pagi. Itulah hari yang pertama.

6-7. KemudianAllah berkata, “Jadilah sebuah kubah untuk membagi air itu menjadi dua, danmenahannya dalam dua tempat yang terpisah.” Lalu hal itu terjadi. DemikianlahAllah membuat kubah yang memisahkan air yang ada di bawah kubah itu dari airyang ada di atasnya.

8. Kubahitu dinamakan-Nya “Langit”. Malam lewat dan jadilah pagi. Itulah hari yangkedua.

9. KemudianAllah berkata, “Hendaklah air yang ada di bawah langit mengalir ke satu tempat,sehingga tanah akan kelihatan.” Lalu hal itu terjadi.

10. Allahmenamakan tanah itu “Darat”, dan kumpulan air itu dinamakan-Nya “Laut”. DanAllah senang melihat hal itu.

11. Allah berkata lagi, “Hendaklah tanah mengeluarkan segala macamtumbuh-tumbuhan, yaitu jenis yang menghasilkan biji-bijian dan jenis yangmenghasilkan buah-buahan.” Lalu hal itu terjadi.

12. Demikianlahtanah mengeluarkan segala macam tumbuh-tumbuhan. Dan Allah senang melihat halitu.

13. Malamlewat dan jadilah pagi. Itulah hari yang ketiga.

14-15. Kemudian Allah berkata, “Hendaklah ada benda-benda terangdi langit untuk menerangi bumi, untuk memisahkan siang dari malam, danuntuk menunjukkan saat mulainya hari, tahun, dan hari rayaagama. Maka hal itu terjadi.

16. Demikianlah Allah membuat kedua benda terang yangbesar, yaitu matahari untuk menguasai siang, dan bulan untuk menguasai malam;selain itu dibuat-Nya juga bintang-bintang.

17. Allahmenempatkan benda-benda terang itu di langit untuk menerangi bumi,

18. Untukmenguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Dan Allahsenang melihat hal itu.

19. Malamlewat, dan jadilah pagi. Itulah hari yang keempat.

20. KemudianAllah berkata, “Hendaklah di dalam air berkeriapan banyak macam makhluk hidup,dan di udara beterbangan banyak burung-burung.”

21. MakaAllah menciptakan binatang-binatang raksasa laut, dan segala jenis makhluk yanghidup di dalam air, serta segala jenis burung. Dan Allah senang melihat halitu.

22. Allahmemberkati semuanya itu dengan memberi perintah kepada makhluk yang hidup didalam air supaya berkembang biak dan memenuhi laut, dan kepada burung-burungsupaya bertambah banyak.

23. Malamlewat dan jadilah pagi. Itulah hari yang kelima.

24. KemudianAllah berkata, “Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis binatang darat, yangjinak dan yang liar, besar maupun kecil.” Lalu hal itu terjadi.

25. DemikianlahAllah membuat semuanya itu dan ia senang melihat hal itu.

b.  riwayat penciptaan manusia (Kejadian 1 :26-31 dan Kejadian 2 : 1-3)

26. KemudianAllah berkata, “Sekarang Kita akan membuat manusia yang akan menjadi sepertiKita dan menyerupai Kita. Mereka akan berkuasa atas ikan-ikan, burung-burung,dan segala binatang lain, baik jinak maupun liar, baik besar maupun kecil

27. DemikianlahAllah menciptakan manusia, dan dijadikannya mereka seperti diri-Nya sendiri.Diciptakan-Nya mereka laki-laki dan perempuan.

28. Kemudian diberkati-Nya mereka dengan ucapan “Beranakcuculahyang banyak, supaya keturunanmu mendiami seluruh muka bumi serta menguasainya.Kamu Kutugaskan mengurus ikan-ikan, burung-burung, dan semua binatang lain yangliar.

29. Untukmakananmu Kuberikan kepadamu segala jenis tumbuhan yang menghasilkan biji-bijiandan buah-buahan.

30. Tetapikepada segala burung dan binatang liar lainnya, Kuberikan rumput dan tanamanberdaun sebagai makanannya”. Maka hal itu terjadi.

31. Allahmemandang segala sesuatu yang telah dibuat-Nya itu, dan Ia sangat senang. Malamlewat dan jadilah pagi. Itulah hari yang keenam.

1. Makaselesailah penciptaan seluruh alam semesta.

2. Padahari yang ketujuh Allah telah menyelesaikan pekerjaan-Nya itu, lalu Iaberistirahat.

3. Makadiberkati-Nya hari yang ketujuh itu dan dijadikan-Nyahari yang khusus, karena pada hari itu Allah beristirahat setelah menyelesaikanpekerjaan-Nya.

            Menurut bibel, Tuhan Allah menciptakan bumi selama tujuhhari.
1. Hari pertama, Tuhan Allah mulai menciptakan bumi yangbelum berbentuk. Pada hari itu juga memisahkan yang gelap dan terang. Yanggelap itu malam dan yang terang itu siang. Kemudian menciptakan langit danlaut.
2. Hari kedua, Tuhan Allah mengaliri air agar daratanbisa terlihat. Dari daratan itu, Tuhan Allah menumbuhkan berbagai macamtumbuhan.
3. Hari ketiga, menciptakan benda-benda langit yangmenerangi bumi. Matahari dan bulan.
4. Hari keempat, menciptakan berbagai macam binatang yangdi darat dan di laut.
5. Hari kelima, mengeluarkan binatang darat yang jinakdan yang buas.
6. Hari keenam, menciptakan manusia yang sama denganTuhan untuk mengelola segala sesuatu yang ada di bumi.
7. Hari ketujuh, Tuhan Allah beristirahat daripekerjaannya menciptakan bumi dan segala isinya.